Definisi GHOIB


ILMU GHAIB

Ketika anda akan mempelajari ilmu supranatural tentu syarat utama anda harus percaya dan yakin adanya unsur ghoib. Sesuatu yang tak selalu bisa dijangkau dengan panca indera dan akal, namun nyata adanya. Bahkan terkadang suatu hal yang ghaib berlawanan dengan teori hukum alam fisika (materi).

Kata “Ghoib” bisa berarti samar = elok, mengungkapkan kejadian & suasana yang tidak bisa diterima oleh nalar, tidak logis dan rasional. Berbicara tentang hal ghoib seakan-akan berbicara yang mengada-ada. Namun tetap harus dipercayai bahwa ghoib itu ada. Ambillah contoh diri kita sendiri, manusia merupakan makhluk yang terdiri dari 2 unsur, yaitu jasmani dan ruhani. Selain unsur jasad (fisik) juga ada Ruh yang tidak dapat dilihat dengan mata, namun nyata keberadaannya sebagai lambang kehidupan. Tanpa ruh, maka badan jasmani ini hanya seperti bangkai tak berdaya.

Sebagai orang yang berbudaya dan beragama kita pun percaya adanya makhluk ghaib seperti malaikat dan Jin. Banyak kejadian disekitar kita bahkan mungkin pernah kita alami sendiri, sebuah fenomena munculnya makhluk ghaib ini. Cerita-cerita dari kehidupan para pembawa risalah agama sangat erat hubungannya dengan makhluk yang bernama Malaikat dan Dewa-dewi. Cerita dongeng dari para leluhur kita banyak pula yang bernuansa mistis tentang gambaran dunia alam Jin. Didunia barat dikenal nama-nama seperti Drakula, di Cina ada vampire, di nusantara ada buto ijo, gendruwo, kuntilanak, pocong, tuyul dan sebagainya. 

Adapula hal-hal atau kejadian yang bersifat ghoib yaitu seperti takdir kehidupan & kematian, pembagian rejeki & jodoh, hari kiamat & hari pembangkitan, surga dan neraka. Semua hal itu masuk dalam kategori ghaib karena masih misterius, tidak ada seorangpun yang mengetahui kapan, bagaimana dan dimana hal itu akan terjadi. Keyakinan orang beragama mengenai hal ghaib ini tidak perlu diragukan lagi, namun bagi sebagian orang mungkin tak percaya akan hal ini. Meskipun begitu saya yakin bahwa setiap orang dalam kehidupannya terkadang mengalami kejadian-kejadian diluar rencana & dugaannya. Misalnya menemukan jodoh pasangan hidupnya atau mendapatkan rejeki yang tak pernah diduga sebelumnya. Ketika kita merenungi semua hal itu, kita akan menyadari bahwa semua ini mungkin  telah ada yang mengaturnya. Ini bukan sebuah kebetulan semata. Ini rangkaian takdir dari Yang Maha Kuasa.

Saya tidak mengatakan Tuhan Yang Maha Kuasa itu ghoib, karena tidak ada satupun dalam 99 Asma’-Nya yang menyebutnya Al Ghoib, yang ada hanya Al Batin untuk menggambarkan sifat “keghoibanNya”. Saya percaya bahwa setiap orang yang beriman dapat melihat Tuhannya setiap saat dimanapun berada.

Masih banyak hal dalam kehidupan kita yang masih samar, misterius, irrasional atau bersifat ghaib. Tapi ternyata suatu hal yang kita anggap ghaib belum tentu dianggap ghaib bagi oranglain yang telah mengerti. Apa yang tidak dapat kita lihat bisajadi terlihat oleh orang lain yang mukasyafah atau terbuka mata batinnya. Meskipun demikian manusia berhasil membuka hijab mata batinnya, bukan berarti bisa mengetahui segala-galanya. Ini berarti bahwa ghoib dibagi menjadi 2 macam. Yaitu:

1.  Ghoib Idhofie, yaitu hal-hal atau kejadian yang tidak dapat dimengerti orang awam, tetapi oleh orang-orang tertentu yang telah mengerti rahasianya, seluk-beluknya, hal itu tidak ghoib bagi mereka.

2.  Ghoib haqiqie, yaitu hal-hal atau kejadian yang tidak diketahui oleh semua makhluk (manusia, malaikat, Jin ataupun binatang). Jadi hanya Tuhan saja yang mengetahuinya. Ghoib Haqiqie inilah yang dimaksud dalam kitab suci Al-Quran ayat berikut ini:

Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghoib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak (pula) sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauhul Makhfuzh)” (QS. Al An’am : 59)

Berawal dari rasa keinginan tahuan manusialah yang akhirnya melahirkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang saat ini kita pelajari di sekolah. Diluar bangku sekolah formal istilah “ilmu ghaib” muncul saat seseorang bermaksud menyingkap misteri dunia ghaib. Maka dalam tulisan diatas sebenarnya saya ingin mengajak anda untuk membuat sebuah persamaan persepsi tentang pengertian ghaib. Agar ketika saya menyebut kata ghaib dalam banyak tulisan di blog ini anda telah mengetahui maksud pengertian saya akan istilah “ghaib”.

***

Ki UmarJogja
www.rasasejati.org

Bergabung di topik diskusi tulisan ini…




You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

15 komentar di “Definisi GHOIB

  • Miskan mengatakan:

    Ass…wr.wb.Nama saya Miskan di kalteng.Saya mau nanya pak umar.Tiap kali saya meditasi,saya sering di datangi kanjeng ratu kidul dan saya juga di kash pusaka ghaib,berupa tongkat naga emas.Yg ingin saya apa bener itu kanjeng ratu kidul atau jin jahat yg mengaku aku jd kanjeng ratu kidul.Moho penjelasan nya
    bls lwt email saya [ Miskan.wap@gmail.com ]

    • Ki UmarJogja mengatakan:

      Wa alaikum salam wrwb

      Maaf bukannya saya meragukan pengalaman spiritual anda. Namun kehadiran Kanjeng Ratu Kidul selalu diiringi dengan “kejadian” pembuka.

      Nuwun,

      • Media Esa (Buyung) mengatakan:

        Ki, yg dimaksud kejadian pembuka itu gmn ya ki? saya pernah jalankan wirid dari ustadz jebolan tebu ireng: “Ya Ghaolmasyin, tiap 100 baca “Tawakalu ya khodama … bi kada. kejadiannya pertama malam senin datang perempuan cantik tempo dulu, mimpi kedua malam jumat dia datang lagi tp kala itu ditemani yang mengaku ratu selatan (postur tubuhnya lebih tinggi, bermahkota), menyampaikan bahwa yang perempuan yg datang lwt mimpi senin malam dan malam jumat ini adalah patih saya, terus saya dijodohin, … tp gk lanjut: “. Rasa hati saya gelisah, jadi saya putuskan kembali ke ustadz, terus ditambah Ya Barzanin” … terus dah gitu saya berhenti aj, bis Roso saya ra glem. jadi saya menghentikan amalan. Alhamdulillah gk mimpi didatangin lagi.

  • hery mengatakan:

    Askum ki.. Smg ki umar sllu di berikan kesabaran dan hidayah untuk mnjwb prtnyn2 saya.. Sy sring mrsa ada makhluk halus (kuntilanak) yg mgikuti sy..tp stlh sy mngmlkan asma sir sy brsha mmbntengi dr sy agr tdk di ikuti/ganggu lg, alhmdllh akhr2 ini sy tdk lg mrskn khdrnnya..cm kdang ia msh dtang tp tdk bs mndkti sy sprti dlu..mhon pncrhnnya ki..bagaimana menurut ki umar,. Apa bnar yg sy alami/rasakan ini.. Trims..

  • Media Esa (Buyung) mengatakan:

    Alhamdulillah Ustadz na mah baik malah sampe bisa kasih jodoh buat kakak saya. ya yg lucu kata pak ustadz dulu waktu jadi santri, pak ustadz bandel suka kabur, lucu seh Ki, namun rasa saya belum ketemu lewat dia. Alhamdulillah ap yg Ki sampai kan tentang ilmu di blog ini, utamanya kembali ke potensi diri anugrah Illahi.

  • Ki UmarJogja mengatakan:

    Salam pamuji rahayu,

    Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada sedulur semua yang telah berkenan berbagi pengalaman spiritual dengan kami. Sungguh bisa dipetik hikmahnya yang bermanfaat.

    Untuk “kejadian” pembuka itu, nanti anda tanyakan sendiri saja kepada Kanjeng Ratu Kidul. Hehe…

    Nuwun,

  • ahmad iskandar mengatakan:

    ass.wr.wb.ki mohön penjelasannya,ilmu yg digunakan oleh tim pemburu hantu lativi dulu,itu pke ilmu apa ki dpt menangkap makhluk halus negatif masukin botol,..mhon dgn sangat aki dpt mengizahkannya,wass

    • Ki UmarJogja mengatakan:

      Wa alaikum salam wrwb

      Jangan “Gumunan” (heran).
      Sebenarnya tidak ada amalan ilmu khusus untuk hal semacam itu. Bila kita sudah pernah mengenal JIN maka cukup modal niat saja. Tentu niat bukan sekedar niat, tetapi niat yang dimaksud seperti yang telah kita bahas dalam Kajian BAB Niat di blog ini. Niat yang dibalut dengan Tekad, lalu muncullah Daya Cipto.
      “Kemanapun pikiran anda fokuskan maka kesanalah energi ruhani anda akan mengarah” Itulah salah satu mekanisme dunia ghaib.

      Hal yang sama juga berlaku dalam prosesi Tarik Pusaka, Trawangan Alam Ghaib, Lepas Sukma dan semacamnya itu. Anda akan tahu sendiri bila sudah mengenal ghaib itu seperti apa.

      Nuwun,

  • hidayat75 mengatakan:

    mohon maaf ki umar,saya mau tanya dan pencerahan….,dahulu alm.kakek saya itu di kenal suka ngobatin orang kesurupan,orang sakit dsb,.. tapi kadang beliau juga nerima “order”ngerjain orang juga kasarnya santet lah,…(menurut ibu saya)menurut ki umar apakah nanti akan ada karma yg akan menimpa keluarga/keturunan kami kelak?gmn solusinya ya…jadi was was neh,trimakasih wassalam…..

    • Ki UmarJogja mengatakan:

      Salam,

      Karma hanya menimpa kepada orang yang bersangkutan. Sedangkan bila berupa azab dapat menimpa semua orang yang berada didekat azab itu, (baik yang orang baik ataupun yang jahat). Oleh sebab itu mari kita berdoa saja agar dijauhkan & diselamatkan dari azab / hukuman dariNYA.

      Tentang konsekuensi ghaib,dari pengalaman saya, secara alamiah ilmu hitam akan menurun kepada anak cucu secara hitungan ganjil. Misalnya Kakek kepada cucu lalu kepada canggah dan seterusnya. Kecuali bila sang anak memang berniat belajar ilmu hitam, maka bisa saja dari bapak langsung menurun kepada sang anak.

      Nuwun

      • hidayat75 mengatakan:

        trimakasih atas jawabannya ki umar,jadi lega sedikit neh,..wah smoga aj ilmu hitam gk turun ke saya yaa ki…..he2

  • rois mengatakan:

    salam ta’zim guru…

    mf guru saya ingin tanya saat meditasi sya pernah merasakan seperti ada gempa namun tidak lama hanya sepersekian detik.itu apakah memang gempa ataukah efek dari sya bermeditasi guru.Dan untuk meraga sukma kata guru kuncinya adlh kepasrahan,keberanian,dan keikhlasan…saat sya mencoba dgn posisi terbaring dan memejamkan mata,sya mersa melayang seperti ngambang tidak dkasur lagi tapi tdak melihat ap2 hanya kegelapan krna menutup mata.Dan saat membuka mata tahu2 dh pgi..hhehe

    mohon penjelasannya y guru terima kasih

    Matur Nuwun

    • Ki UmarJogja mengatakan:

      …malah masuk ke alam mimpi 😀

      Saya rasa teorinya sudah baik, hanya butuh ketekunan latihan saja.

      • rois mengatakan:

        terima kasih banyak guru ku ki umar yang telah bnyak memberikan ilmu pengetahuan dan wejangan2nya kpda saya khususnya kpda kami para pengikut rasasejati…

        salam rahayu guruku

  • www.google.com mengatakan:

    segala sesuatu yang masih belum nyata itu gaib,dan gaib ada bisa jadi relita dan ada yang tetap gaib





%d blogger menyukai ini: